Menjelajahi Kaymakli Underground City dan El Nazar Kilisesi

Selama di Turki, salah satu tempat yang gw kunjungi adalah Kaymakli Underground City. Sebenarnya ada dua kota bawah tanah yang terkenal di Cappadocia, selain Kaymakli ada juga Derinkuyu. Tapi karena letak keduanya agak berjauhan dan gw ga punya cukup waktu maka gw hanya bisa pilih salah satunya.

Gw berangkat dari hostel gw di Goreme, dengan berjalan kaki ke terminal bus terdekat setelah gw sarapan yg disediakan di hostel. Dari Goreme, ga ada bus yang langsung menuju Kaymakli, sehingga terlebih dahulu gw harus naik bus menuju Nevsehir, kota terdekat dengan Kaymakli.

Di Nevsehir gw ketemu sama beberapa orang dengan tujuan yang sama, seorang pemuda Jerman, seorang wanita Ekuador, seorang pemuda Colombia, dan akhirnya kita pergi bareng-bareng naik dolmus menuju Kaymakli. Perjalanan dari Nevsehir ke Kaymakli memakan waktu sekitar 1 jam. Sesampainya di Kaymakli, gw langsung menuju pintu masuk kota bawah tanah.

Goreme Nevsehir Bus

Kaymakli Underground City

Kaymakli Underground City terdiri dari empat lantai. Ruang-ruang di kota bawah tanah ini cukup sempit, jadi bagi kamu yang claustrophobic, mungkin akan merasa kurang nyaman. Ruang-ruang tersebut saling menyambung diantara lorong-lorong dan tangga. Kota bawah tanah ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal, tempat penyimpanan, dan memasak. Bahkan, ada juga gereja di kota bawah tanah ini.

Diperkirakan sekitar 3.500 orang pernah tinggal di kota bawah tanah ini.

Stone Door
Kaymakli Underground City
Kitchen

Setelah puas menjelajahi Kaymakli Underground City, gw kembali ke Goreme. Tapi sebelumnya gw sempat mencoba Turkish Pizza di kedai dekat pintu masuk underground city. Rasanya cukup ok lah.

El Nazar Kilisesi

Dari Goreme, rencana gw sebenarnya ke Kahta naik bus malam. Tapi pas gw mau beli tiketnya ternyata udah full booked. Akhirnya gw langsung memutuskan untuk mengambil bus dengan rute yang berbeda, yaitu ke Malatya. Sebelum bus ke Malatya ini berangkat, gw masih punya waktu beberapa jam.

Daripada nunggu di terminal bus gw putuskan untuk mengunjungi salah satu gereja bersejarah di Goreme, yaitu El Nazar church / kilisesi.

Gereja ini adalah gereja dalam goa yang terkenal di Cappadocia. Letaknya di lembah Goreme, dekat dengan pusat kota. Gereja ini dibangun pada abad ke-11 dan didedikasikan untuk Bunda Maria. Di dalamnya terdapat mural yang indah.

El Nazar Church

Kesimpulan

Menjelajahi Kaymakli Underground City dan El Nazar Kilisesi adalah pengalaman yang sangat berkesan. Gw bisa melihat langsung bagaimana orang-orang dulu hidup di kota bawah tanah dan melihat keindahan El Nazar Kilisesi. Gw sangat merekomendasikan tempat-tempat ini kepada kalian yang ingin menjelajahi Cappadocia.