Gw baru aja tiba di Kahta, Turki. Dari Adiyaman, kota terdekat, gw naik dolmus selama 30 menit untuk sampai ke sini. Udah sore pas gw tiba di sini, otogarnya terletak di pusat kota, deket sama pasar dan tempat keramaian.

Sehabis gw nolak beberapa tukang taksi, seorang pria paruh baya menghampiri gw dan memperkenalkan diri. Dia adalah pemilik Karadut Pansiyon di desa Karadut, desa yang paling dekat dengan Gunung Nemrut. Kita ngobrol sebentar dan dia keliatan orang yang bisa dipercaya, jadi gw pikir menginap di penginapannya bukan ide yang buruk. Lagian gw juga nggak punya rencana lain atau reservasi kamar. Dia bilang kalo dolmus ke Karadut jarang banget, dan kebetulan ada satu yang lagi nunggu penumpang di dekat pasar.

Doner Kebab in Kahta

Dolmusnya ngetem lumayan lama sampe penuh keisi penumpang, dan gw punya cukup waktu buat makan kebab dulu. Kebab di sini lebih murah daripada di Istanbul.

Dari Kahta, jalannya menanjak ke Karadut. Dolmusnya sering berhenti untuk nurunin dan naikin penumpang di sepanjang jalan. Akhirnya gw sampai di Karadut Pansiyon dan bisa istirahat, ngumpulin tenaga sebelum pergi ke Nemrut Dagi pagi-pagi besoknya.

Karadut Pansiyon

Pendakian

Gw bangun jam 2.30 pagi dan langsung mulai berjalan ke arah gunung. Ada jalan beraspal yang curam dan berkelok-kelok sampai ke puncak Nemrut. Jadi bisa juga naik ke sana dengan kendaraan sendiri. Karadut Pansiyon juga bisa bantu booking taksi, tapi itu di luar budget gw. Buat situasi kayak gini, gw selalu siap dengan peta, senter, sepasang kaki yang kuat, dan nggak ada beban pikiran.

Jalan setapaknya lumayan menanjak, tapi pemandangannya indah banget. Bisa keliatan kota Kahta dan Sungai Euphrates dari atas sini.

Gw sampai di puncak jam 5 pagi. Di sana udah ada beberapa turis lain yang juga mendaki dari Karadut.

Nemrut Dagi Eastern Terrace

Situs sejarah Nemrut Dagi

Nemrut Dagi adalah situs sejarah yang unik. Situs ini sebenarnya adalah makam yang dibangun oleh Raja Antiochus Theos dari Kerajaan Commagene, bersama dengan patung-patung raksasa singa, elang, dan berbagai dewa Yunani, Armenia, dan Persia seperti Hercules, Zeus, Ahura Mazda, Tyche, dan Apollo.

Patung-patung ini dibuat dari batuan kapur dan memiliki tinggi sekitar 12 meter. Mereka berdiri di atas platform batu yang besar dan menghadap ke timur.

Patung-patung ini menggambarkan Raja Antiochus Theos sebagai dewa. Mereka juga menggambarkan dewa-dewa Yunani, Armenia, dan Persia yang dia sembah.

Situs ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

Nemrut Dagi Western Terrace

Matahari sudah diatas kepala ketika gw mulai turun gunung. Pendakian yang cukup melelahkan, gw seneng banget pas sampai kembali di penginapan, menyantap Turkish breakfast yang sudah disediakan.

Turkish Breakfast

Penutup

Mendaki Nemrut Dagi adalah pengalaman yang luar biasa. Pemandangan dari puncak gunungnya sangat indah, dan situs sejarahnya sangat unik. Gw sangat merekomendasikan tempat ini bagi siapa pun yang tertarik dengan sejarah dan budaya Turki.

2 thoughts on “Pendakian Nemrut Dagi, Situs Sejarah Unik di Turki dengan Patung-patung Besar di Puncak Gunung