Mount Prau summit

Mendaki Gunung Prau, Menikmati Keindahan Pegunungan Dieng

Dieng, salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Jawa Tengah. Di sini, lu bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pemandangan pegunungan, savana, hingga kawah-kawah yang eksotis.

Salah satu aktivitas yang paling populer di Dieng adalah mendaki Gunung Prau. Gunung Prau adalah gunung tertinggi di dataran tinggi Dieng, dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut.

Gw baru aja balik dari perjalanan ke Dieng, di sana gw  stay selama dua hari satu malam, dan mendaki Gunung Prau.

Teletubby Po at Dieng Plateau

Persiapan

Kalo mau mendaki Gunung Prau, ada beberapa hal yang perlu lu persiapkan, yaitu:

• Perlengkapan:
    • Rute pendakian
    • Perkiraan waktu pendakian

Hari Pertama

Tengah malam gw berangkat dari Jakarta ke Wonosobo, kota terdekat dengan Dieng. Perjalanannya sekitar 7 jam.

Sesampainya di Wonosobo, gw langsung menuju Dieng. Perjalanannya sekitar 1 jam.

Gw tiba di Dieng sekitar siang hari. Gw langsung check in di hotel, lalu jalan2 santai ke Candi Arjuna yang letaknya gak jauh dari penginapan, sebelum beristirahat dan tidur.

Hari Kedua

Bangun jam 3 pagi, gw mulai mendaki Gunung Prau. Rute pendakian yang gw tempuh adalah via Desa Sembungan.

Perjalanan pendakian dimulai dari area parkir di Desa Sembungan. Jalur pendakian cukup menantang, dengan tanjakan di beberapa bagian yang cukup curam.

Gw tiba di puncak Gunung Prau sekitar pukul 6 pagi. Pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Prau sangat indah. Gw bisa melihat hamparan savana yang luas, dan Gunung Sindoro dan Sumbing yang menjulang tinggi.

Setelah itu, gw turun dari Gunung Prau. Perjalanan turunnya lebih cepat dari perjalanan naik.

Gw tiba di Desa Sembungan sekitar pukul 10.00. Langsung menuju hotel untuk mandi dan sarapan.

Setelah itu, gw bersantai sejenak di Dieng, mengunjungi beberapa tempat wisata di Dieng, seperti Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Telaga Warna.

Sore hari, gw kembali ke Wonosobo. Gw naik bus dari Wonosobo ke Jakarta.

Kesimpulan

Gw sangat menikmati perjalanan mendaki Gunung Prau. Ini adalah pengalaman yang luar biasa, dan gw akan sangat merekomendasikannya kepada siapa saja yang suka petualangan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendaki Gunung Prau:

• Mulailah mendaki di awal pagi, agar kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Prau.
  • Gunakan sepatu hiking yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kakimu.
  • Siapkan pakaian yang nyaman dan hangat, karena suhu di puncak Gunung Prau bisa sangat dingin.
  • Bawalah jas hujan, karena cuaca di Dieng bisa berubah dengan cepat.
  • Jangan lupa membawa makanan dan minuman yang cukup.

Semoga artikel ini bisa membantu lu merencanakan perjalanan mendaki Gunung Prau.