Menelusuri Jalanan Seoul, Ibukota Negeri Ginseng

Gw baru aja liburan ke Seoul, Korea Selatan. Ini adalah perjalanan solo dan gw nggak punya rencana yang pasti di kepala.

Hal pertama yang gw lakukan adalah beli Seoul city pass. Ini membuat perjalanan gw di Seoul jadi lebih mudah (dan murah).

Gwanghwamun, the main gate of Gyeongbokgung Palace seen from the Gwanghwamun Square.

Hari Pertama

Cuaca di Seoul hari pertama gw nggak terlalu bagus. Gw mulai perjalanan gw dengan mengunjungi Gwanghwamun Square dan museum di bawahnya. Dari Gwanghwamun Square, gw berjalan kaki ke Bukchon Hanok Village.

Di tengah jalan, hujan mulai turun. Gw pun masuk ke sebuah kedai makanan kecil di desa itu. Gw memutuskan untuk memesan mie yang terlihat merah dan menggoda di menu. Ternyata mie itu namanya ramyun jjampong. Mie ini super pedas, dan gw baru saja membuat keputusan terburuk di hari pertama gw di Seoul.

Couldn't finish my jjampong ramyun
Couldn’t finish my jjampong ramyun

Menjelajahi jalan-jalan sempit dan gang-gang desa tradisional ini akan jauh lebih menyenangkan jika cuacanya cerah. Gw merasa agak lelah dan memutuskan untuk mengakhiri hari dan kembali ke hostel gw.

Hari Kedua

Gw bangun pagi-pagi di hari kedua dan siap untuk menjelajahi kota! Gw mengunjungi Gyeongbokgung Palace, mencoba mengenakan hanbok, pakaian tradisional Korea. gak cuma itu tapi juga Namdaemun Market, National War Memorial of Korea, Seoul Arts Center, Inwangsan, Myeongdong, dan Cheonggyecheon Stream. Banyak banget!

Royal Guards at Gyeongbokgung Palace

Namdaemun Market
Gangnam Style!
Lunch in Namdaemun

Korean Dance Performance

Cheonggyecheon Stream

Pokoknya banyak banget yang gw lihat dan alami di hari ini. Gw merasa senang sekaligus juga lelah.

Kesimpulan

Gw sangat menikmati perjalanan gw di Seoul. Kota ini memiliki banyak hal, mulai dari sejarah dan budaya yang kaya hingga makanan yang lezat dan pemandangan yang indah. Gw pasti akan kembali ke Seoul lagi suatu hari nanti.

Tips untuk Perjalanan Solo ke Seoul

Berikut adalah beberapa tips untuk perjalanan solo ke Seoul:

• Belilah Seoul city pass. Ini akan menghemat banyak uang dan membuat perjalanan lebih mudah.
  • Pelajari beberapa frasa bahasa Korea dasar. Ini akan membantu lu berkomunikasi dengan penduduk setempat.
  • Jangan takut untuk bertanya. Orang Korea umumnya ramah dan senang membantu wisatawan.
  • Bersikaplah sopan dan santun. Ini adalah hal yang penting untuk dilakukan di semua negara, tetapi terutama di negara-negara Asia.

Semoga tips ini membantu dalam merencanakan perjalanan solo ke Seoul!